• 6

    Oct

    Manfaat Dongeng Islami

    Banyak sekali manfaat dongeng islami, diantaranya:       *Artikel ini ditulis dalam rangka persiapan Festival Dongeng Internasional yang akan diselenggarakan oleh Komunitas Ayo Dongeng Indonesia pada tanggal 31 Oktober-1 November 2015 di Museum Nasional, Jakarta. Untuk mengetahui lebih banyak tentang Festival Dongeng Internasional, silakan mengunjungi www.indostoryfest.com.
    Read More
  • 3

    Oct

    Mencetak Generasi Unggul Dengan Dongeng

    Kalimat tersebut mungkin terkesan terlalu muluk-muluk. Tapi begitulah adanya. Dongeng yang tampaknya pekerjaan sepele tapi ternyata bisa membawa manfaat yang besar. Bung Karno, seorang pemimpin besar bangsa ini, terinspirasi menjadi pemimpin berkat dongeng ibunya di masa kecil. Bung Karno menuturkan bahwa ia sangat terinspirasi oleh dongeng ibunya akan tokoh-tokoh pewayangan, sehingga ia bercita-cita suatu hari nanti menjadi orang besar seperti Arjuna. Siapa yang tak mengenal H. C. Andersen? Ia adalah penulis cerita anak legendaris.  Dalam autobiografinya, The True Story of My Life,  H.C. Andersen menuliskan rahasia dari inspirasinya. “Setiap minggu ayahku membuat gambar-gambar dan menceritakan dongeng-dongeng”. Tak ada yang menyangka kalau dulunya H.C. Andersen
    Read More
  • 27

    Feb

    Flyer Buku Ezokanzo

    Read More
  • 8

    Feb

    (Video) Dongeng Nusantara Bertutur Karya Tethy Ezokanzo

    Dongeng Putri Laras dan Sepatu Impian Dongeng Vas Cantikku
    Read More
  • 4

    Oct

    Best Seller Fiksi 2014

    Alhamdulillah dapat medali sebagai penulis Best Seller Kategori Fiksi 2014 dari Bhuana Ilmu Populer. Untuk buku Komik Cerita Rakyat Indonesia 2
    Read More
  • 31

    Aug

    MyFA, Al Quran favorit anak-anak

    MyFa atau my First Al Quran adalah salah satu produk Al Quran dari Syaamil. Nama yang tepat karena MyFa tidak hanya Al Quran pertama buat anak-anak tapi juga bisa menjadi My Favorite Al Quran ;-) Sudah lama ngeceng MyFa untuk hadiah putri bungsuku. Hana ini agak sulit diajak untuk belajar membaca Al Quran. Saya sudah terpikir untuk membelikan Al Quran yang menarik agar ia mau membaca Al Quran. Nah, MyFa ini menjadi kandidat Al Quran untuk Hana. Ternyata Alhamdulillah, malah dapat hadiah MyFa dari Grand Kuis yang dihelat Penulis Bacaan Anak sebelum bulan Ramadhan lalu. Sebagai juara pertama mendapat giliran pertama kali untuk memilih di anatara list hadiah. Aha, tentu saja di antara semua hadiah MyFa lah yang menjadi pilihan. Hadiah lain berupa buku, makanan, souvenir lewat deh. Sejak puny
    Read More
  • 30

    Aug

    Aku dan Buku

    Kalau ditanya apakah saya suka baca buku? Tentu dengan histeris akan jawab: sukaaaa (tuh love-nya sampai gede banget, hehe). Konsumsi akan buku setiap bulannya bikin dompet menjerit. Tapi gimana lagi, namanya cinta. Sehari saja tanpa baca buku seperti ikan tanpa air (lebay, hehe). Walhasil, di rumahku ada buku dimana-mana. Jumlahnya lebih dari 2000 buku. Dan itu sudah dibaca semua, bahkan ada yang dibaca berulang-ulang. Hehe.. kalau lagi bokek, terpaksa ngulang baca buku lama. Dua lemari besar sudah tidak menampung lagi, nih. (rak penuh sesak, sampai ditumpuk dua baris) Di kamar-kamar juga ada buku. Di ruang tamu, ruang tengah, di laci-laci penuh dengan buku. Selain di dapur yang nggak ada buku, suka disita sama Bibi, hehe… (laci tempat nyimpen buku yang masih bersegel. Seba
    Read More
  • 29

    Aug

    Jadi Ketua IKAPI Sehari

    Hai, pernah dengar IKAPI? Ah, gak gaul deh kalau gak tahu IKAPI. Apalagi yang ngaku sebagai penulis tentu pernah dengar nama ini disebut. Mhh… walaupun emang sih, apa itu IKAPI sebenarnya dan ngapain aja, kok kurang terdengar gaungnya, ya? Gak kayak lembaga-lembaga lain, misalnya KPK dan KPU yang suka disebut-sebut dari mulai kedai kopi pinggir kampung hingga ke rapat orang-orang perlente. Padahal sama-sama punya huruf “K”. Eh, Ezokanzo juga ada huruf “K’ nya tapi gak pernah masuk tivi. Iyalah badan segede pintu masa muat masuk tivi. Mungkin karena kerjaan IKAPI ini bersunyi diri alias ngurusin buku. Biasanya orang baca buku sambil duduk diam ‘kan, mana ada yang sambil joget-joget. Jadilah IKAPI menapaki jalan sunyi dan gak terdengar kiprahnya. Baikla
    Read More
  • 28

    Aug

    Antara Gadget atau Konten?

    Dikisahkan seorang wanita menemukan lampu ajaib. Ia pun menggosoknya. Dan.. WUSHH… keluarlah jin. “Akan kukabulkan tiga permintaanmu,” kata si Jin Lampu. Si wanita sangat senang, ia segera mengajukan tiga permintaan, “Aku ingin suamiku selalu berada di dekatku. Aku ingin ia selalu mengingatku. Dan ketika ia terbangun tidur, akulah yang pertama dipegangnya.” Si Jin tertawa, “Hahaha.. itu mudah. Akan kukabulkan tiga permintaanmu dalam satu tiupan saja.” Dan… TRING… Jadilah si wanita disulap menjadi Blackberry. Pernah dengar lelucon tersebut? Memang kenyataannya orang-orang banyak yang seperti itu. Gadget tak pernah lepas dari tangan. Bahkan bangun tidur pun yang dicari adalah si gadget. Gadget sudah menjadi kebutuhan dasar dan bagian
    Read More
  • 27

    Aug

    Al Qur'an pun Ikut Bersaing

    Wajah perbukuan Indonesia terus menata diri dari hari ke hari. Tidak hanya kandungan isi buku yang kian bagus, kemasan juga dibuat semenarik mungkin. Tak ketinggalan Al Quran. Mau tak mau Al Quran pun ikut bersaing mempercantik diri dan menambah isi agar bisa laris. Ya, LARIS itulah kata kunci yang dikejar. Saat ini semua penerbit berlomba-lomba menerbitkan buku, termasuk Al Quran. Persaingan makin ketat, sehingga penerbit harus pandai mencari selling point agar produknya bisa laris dan bertahan lama di pasaran. Produk Al Quran pun jadi tidak sekedar berisi Al Quran seperti jaman dulu lagi. Namun telah ditambah dengan isi-isi yang menarik dan lengkap. Al Quran kontemporer seolah mengawinkan antara buku islam dengan Al Quran sehingga Al Quran menjadi tak sekedar untuk tilawah tapi juga un
    Read More
- Next

Author

Tethy Ezokanzo adalah penulis bacaan anak. Lebih dari 130 buku yang ditulisnya. Ia juga suka jalan-jalan keliling dunia. Sudah berpuluh negara dan kota disambanginya. Tapi tetap Bandung adalah kota yang paling dikangenin :)

Search

Recent Post